Pentingnya Budaya Organisasi Dalam Perusahaan

Salah satu kunci keberhasilan sebuah perusahaan adalah bagaimana kultur atau budaya di dalam perusahaan tersebut. Dengan budaya organisasi kuat, baik dan profesional maka satu langkah di depan, perusahaan menuju sukses.

Sebaliknya, jika tidak dibentuk budaya organisasi maka cepat atau lambat perusahaan mengalami kemunduran, kacau dan berpotensi rugi atau bangkrut. Maka dari itu, penting sekali membentuk sebuah budaya organisasi tangguh dalam bisnis.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh mengabaikannya dan segeralah mencari tahu budaya seperti apa yang sedang berjalan dan ingin Anda bawa ke arah mana budaya ini menyesuaikan dengan visi misi dari perusahaan Anda sendiri.

Berikut ini akan dibahas tentang pentingnya sebuah budaya organisasi dalam perusahaan. Simak selengkapnya berikut ini.

Definisi Budaya Organisasi Perusahaan

Apa yang Dimaksud dengan Budaya Organisasi Perusahaan?

Budaya organisasi perusahaan merupakan kumpulan nilai, karakteristik, sifat serta kebiasaan yang ada dalam sebuah perusahaan. Ini membentuk sebuah budaya organisasi dan perusahaan akan bekerja berdasarkan budaya ini.

Perlu diketahui bahwa budaya organisasi perusahaan lahir sejalan bersamaan dengan interaksi diantara stakeholder dalam perusahaan tersebut. Bedakan dengan aturan perusahaan, visi misi atau tujuan yang harus ditaati, konsisten dan tertulis. Dalam budaya organisasi perusahaan cenderung lebih lunak, tak ada sanksi bagi yang melanggar atau intensif bagi yang mempertahankannya.

Kata lain untuk budaya organisasi perusahaan adalah kepribadian perusahaan. Jika pribadi perusahaan kokoh, akan berdampak bagus pada beberapa hal. Seperti menjadi daya tarik bagi calon karyawan baru maupun bagi klien atau mitra.

Dengan demikian, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar, penting sekali untuk membentuk dan melestarikan budaya perusahaan yang kokoh dan positif.

Fungsi Budaya Organisasi Perusahaan

  • Berikut ini beberapa fungsi budaya organisasi perusahaan  yang perlu diketahui.
  • Menciptakan suasana lingkungan menyenangkan di kantor
  • Meningkatkan motivasi kerja karyawan guna mencapai tujuan perusahaan.
  • Meningkatkan loyalitas dan kesetiaan karyawan terhadap perusahaan.
  • Mempermudah perusahaan untuk menemukan calon kandidat pegawai terbaik.
  • Menjaga perilaku, sikap serta seluruh kegiatan perusahaan supaya tidak melenceng dari budaya perusahaan.

Ciri Ciri Budaya Organisasi Perusahaan yang Baik

Nilai suatu budaya dalam suatu organisasi ditentukan oleh perusahaan itu sendiri. Sehingga tidak ada yang sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Namun beberapa ciri ciri budaya organisasi yang baik dalam sebuah perusahaan bisa diketahui melalui beberapa hal berikut.

  • Memperhatikan hal detail terkait aktivitas perusahaan
  • Bekerja sesuai deadline
  • Dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat
  • Hasil adalah orientasi utama
  • Fokus terhadap kondisi sumber daya manusia
  • Punya tim kerja tangguh
  • Budaya kompetitif sehat dan stabil antar karyawan
  • Terjadi keterbukaan sesama karyawan, bos maupun kolega.
  • Mengutamakan kepentingan bersama sesuai tujuan perusahaan.
  • Perusahaan mendukung kreativitas dan inovasi karyawan.
  • Budaya toleransi dan demokrasi dalam perusahaan dijunjung tinggi.
  • Tidak menutup diri dengan pendapat orang lain

Itulah ciri ciri budaya organisasi perusahaan yang baik. Namun seperti disampaikan sebelumnya bahwa budaya organisasi tiap perusahaan mungkin berbeda satu sama lain. Maka bisa saja satu model budaya organisasi cuma cocok diterapkan pada satu perusahaan tapi tidak tepat ketika diterpakan pada jenis perusahaan lain.

Perbedaan budaya organisasi perusahaan ini tergantung pada beberapa faktor. Seperti jenis usaha yang dijalankan, dan faktor faktor lainnya. Nah jika anda mmembangun budaya organisasi positif untuk perusahaan anda, bisa bekerjasama dengan SPRINTHINK. Sebuah perusahaan inovasi yang bantu mengelola SDM dan bisnis usaha kecil maupun besar. Layanan mereka bisa diakses di www.sprinthink.id.

Leave a Comment