Cara Memilih Sepeda Anak yang Benar agar Awet

Cara Memilih Sepeda Anak yang Benar agar Awet – Memilih sepeda untuk anak tidak boleh dilakukan secara sembarangan, sebab keselamatan anak akan menjadi pertaruhan. Agar tidak salah membeli dan nyaman dikendarai, berikut adalah beberapa tips memilih sepeda untuk anak yang bisa Anda lakukan.

Sesuaikan dengan Usia Anak

Tips pertama memilih sepeda anak adalah dengan menyesuaikan usia yang mereka miliki. Ada sepeda yang dbuat untuk anak-anak berusia 2 tahun, ada pula untuk anak yang berusia diatas 5 tahun. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan tinggi anak, jangan sampai anak merasa sepeda terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Apabila Anda khawatir dengan keamanan anak ketika mengendarai sepeda, akan lebih baik memilih sepeda yang membuat anak bisa menapakkan kaki dengan sempurna di tanah. Dengan cara ini, anak bisa lebih menahan dirinya agar tetap tegak ketika keseimbangan naik sepedanya masih kurang baik.

Sesuaikan Apakah Membutuhkan Rem

Ada sepeda untuk anak yang dilengkapi dengan rem, ada pula yang tidak, Anda harus bisa memilih jenis yang tepat untuk buah hati. Untuk orang dewasa, rem merupakan fitur yang penting, sebagai penahan laju sepeda jika terlalu kencang, namun untuk anak-anak, menahan laju sepeda juga bisa dilakukan dengan menapakkan kaki ke tanah.

Anak tentu membutuhkan tenaga untuk menahan rem di bagian stang sepeda anak, ini bisa jadi membuat konsentrasi yang mereka miliki terpecah. Ketidak hadiran rem justru akan membuat anak lebih mudah belajar dan mengendarai sepeda.

Pertimbangkan Berat Sepeda

Anda tentu tidak ingin anak-anak bermain di jalan raya menggunakan sepeda, meskipun mereka sudah mahir mengendarainya. Karena itu pertimbangkan bobot sepeda sebelum melakukan pembelian, jangan sampai terlalu berat untuk diangkat. Jika sepeda terlalu berat, maka sepeda akan sulit dipindahkan.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih sepeda anak. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda, terutama yang hendak membeli sepeda dalam waktu dekat. Dengan memilih sepeda yang tepat, anak tentu akan lebih nyaman dalam berkendara.

Leave a Comment