10 perusahaan terbaik kelas dunia dalam daftar Fortune global 500 tahun 2021

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan nama Fortune magazine, majalah bisnis yang yang sangat populer dengan berbagai daftar peringkat kelas dunia yang disusunnya mulai dari 40 under 40. Most Powerful Women hingga daftar peringkat terbaru yang diluncurkan pada bidang pendidikan yaitu Best MBA Program. Fortune global 500 sendiri merupakan daftar peringkat perusahaan-perusahaan terbaik seluruh dunia yang disusun oleh Fortune magazine dan berikut ini adalah 10 perusahaan terbaik kelas dunia yang masuk dalam daftar Fortune global 500 tahun 2021.

1. Walmart

Dilansir dari fortune Indonesia Pada tahun 2021 posisi pertama kembali diduduki oleh Walmart dan pencapaian ini menjadikan perusahaan tersebut menduduki posisi terbaik pertama dalam Fortune global 500 selama 8 tahun berturut-turut, sementara pendapatan perusahaan mencapai 559,1 miliar dolar Amerika. Keberhasilan Walmart tentu tentu saja tergantung dari perkembangan pesatnya perusahaan ini saat mulai berfokus pada strategi online seperti kebanyakan perusahaan lainnya di mana ada banyak investor dan pengecer yang bekerja sama dan sangat mengandalkan Walmart sebagai pemasok makanan.

2. State Grid

SGCC atau State Grid Corporation of China adalah perusahaan listrik yang diakui terbesar di dunia dengan pendapatan yang didapat pada tahun ini sebanyak 386, 6 miliar dolar Amerika di mana perusahaan ini menyediakan bukan hanya jaringan listrik melainkan transmisi daya manajemen sistem tenaga dan layanan lain di seluruh wilayah China tanpa terkecuali. Dengan jaringan perusahaan luas yang mereka miliki saat ini maka tidak mengherankan jika sanggup berada di posisi peringkat 2, naik satu peringkat dari tahun sebelumnya yang ada di peringkat 3.

3. Amazon

Salah satu kompetitor Walmart yang merupakan perusahaan e-commerce dari Amerika serikat ini juga mendapat keuntungan besar pada saat pandemi di mana orang lebih banyak mengandalkan jual beli online dibandingkan jual beli manual. Amazon sendiri mencatatkan pendapatan sebesar 386, 06 miliar dolar Amerika di mana saat ini Amazon mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu karena peringkat lalu mencatat Amazon pada posisi kedua dengan lonjakan pendapatan senilai 37, 6%.

4. China National Petroleum

Cina kembali berbangga hati sebab peringkat keempat Fortune global 500 disabet oleh perusahaan minyak nasional dari Cina di mana perusahaan ini mencatatkan pendapatan sebesar 283, 9 miliar dolar Amerika. Peringkat ini tentu saja mendapat China National Petroleum menjadi produsen minyak dan gas terbesar dalam industri minyak dunia dan perusahaan ini juga banyak bermitra dengan perusahaan kaya minyak seperti Qatar dan Irak sehingga kedua negara tersebut meningkatkan produksi minyak dan gas dalam negeri mereka sendiri.

5. Sinopec Group

Lagi-lagi Cina mendominasi daftar Fortune global 500 kali ini dengan adanya Sinopec Group pada peringkat kelima dan meresmikan Fortune 500 global 2021 dengan 2/3 perusahaan berasal dari Cina. Pendapatan Sinopec Group sendiri mencapai 283, 7 miliar dolar Amerika serikat di mana saat ini di Cina sendiri sedang dilakukan peralihan untuk lebih berfokus pada produksi hidrogen

6. Apple

Dengan mencatatkan pendapatan sebanyak 274, 5 miliar dolar Amerika serikat, perusahaan Apple menduduki peringkat keenam dalam daftar peringkat Fortune global 500, namun untuk peringkat jumlah laba yang diterima Apple menduduki posisi pertama dengan laba 57,4 miliar dolar Amerika serikat. Saat ini bisa dikatakan apple adalah perusahaan teknologi yang paling menghasilkan profit besar di dunia di mana pandemi yang terjadi bisa diubah dari tantangan sebagai batu loncatan oleh perusahaan ini.

7. CVS health

Selama pandemi covid 19 terjadi tenaga kesehatan merupakan orang-orang yang paling dibutuhkan dan diandalkan menjadi garda terdepan sehingga perusahaan kesehatan pun memiliki banyak permintaan untuk bahan-bahan kesehatan dan tak heran dalam peringkat 10 besar Fortune global 500 CVS health yang merupakan perusahaan kesehatan mampu mencatat pendapatan sebesar 268, 7 miliar dolar Amerika dengan profit keuntungan sebesar 7,17 miliar dolar Amerika. Dari data yang dirangkum sejak 2020 perusahaan kesehatan ini mulai mengalami kemajuan pesat dibandingkan tahun sebelumnya di mana pendapatannya meningkat sebanyak 12 miliar dolar Amerika serikat dan pada kuartal pertama 2021 sudah terintegrasi secara penuh dengan perusahaan asuransi kesehatan Aetna setelah diakusisi dengan nilai 69 miliar dolar Amerika serikat.

Itulah tadi 7 peringkat perusahaan terbaik di dunia dan bisa dilihat tiga di antaranya merupakan perusahaan asal Cina yang semakin menasbihkan Cina sebagai negara dengan perusahaan-perusahaan paling sukses di dunia.

Leave a Comment